Rabu, 18 Mei 2011

TERIMAKASIH








Manusia tidak akan pernah bisa hidup dengan mengerjakan segala sesuatunya dengan sendirian. Kita pasti memerlukan bantuan orang lain, sekecil apapun bantuannya. Pernahkan anda mengucapkan terimakasih ke orang lain atas pertolongan yang diberikannya? Tentu saja pernah bukan?
Mengucapkan terimakasih adalah hal yang sangat sederhana, murah tanpa biaya namun juga tidak semua orang mau melakukan. Sebagai misal kita sudah membayar tiket tol dengan mahal, namun mungkin anda bisa menghitung dengan jari dalam setahun berapa orang petugas tol yang mengucapkan terimakasih ke anda karena anda sudah menggunakan jasa tol. Sayang sekali hal sepele namun besar manfaatnya seperti ini jarang diperhatikan.Kalau dipikir-pikir apa ruginya kita berterimakasih bukan?

Ucapan terimakasih adalah suatu penghargaan yang tulus ke orang lain dan tidak dapat kita nilai dengan uang. Mengucapkan terimakasih tidaklah perlu memandang ke siapa kita berterimakasih. Mungkin saja kita berterimakasih kepada orang lain yang mungkin status sosialnya jauh di bawah kita. Ketika anda mengisi bensin ke motor/mobil anda, mungkin petugas Pom bensin akan berterimakasih karena anda telah membeli bensin di tempat dia. Namun tidak ada salahnya anda juga mengucapkan terimakasih karena dia telah mengisikan bensin ke tangki anda.
 
Tukang pengantar koran sudah bangun sebelum azan Subuh berkumandang, karena selesai Subuh dia harus mengantarkan koran ke rumah-rumah termasuk rumah anda. Tidak memandang hari terang atau hujan deras, pengantar koran tetap akan mengantarkan koran ke rumah anda. Bersyukurlah karena masih ada orang yang mau bekerja sebagai pengantar koran. Ketika anda bersiap-siap berangkat kerja anda sempat membaca berita terhangat sambil sarapan pagi. Ucapkan terimakasih yang tulus ke pengantar koran jika anda sesekali mempunyai kesempatan bertemu dengannya.
Ucapan terimakasih anda secara tulus laksana air minum yang menyejukkan tenggorokannya di tengah padang pasir . Jika anda menerima telepon, diakhir pembicaraan ucapkan terimakasih atas kesediaan lawan bicara anda untuk menelpon anda. Ucapan terimakasih walaupun sepele, mengandung makna yang sangat besar. Seseorang yang mau mengucapkan terimakasih menunjukkan orang tersebut berbesar hati, mau memberikan penghargaan ke lawan bicaranya. Ucapkan terimakasih ke siapa saja yang membantu anda menyelesaikan suatu pekerjaan.
Mungkin kita harus berterimakasih kepada isteri/suami dan anak-anak kita. Mungkin juga jika anda sedang pacaran, maka pacar anda yang selama ini mendukung prestasi anda wajib kita ucapkan terimakasih. Tidak usah jauh-jauh mungkin juga pembantu rumahtangga kita yang merawat rumah dan menjaga anak selama kita bekerja seharian. Jika anda karyawan kantor kita harus berterimakasih kepada tim kerja kita di kantor baik anak buah, atasan, rekan kerja atau bahkan suplier karena mereka membantu mensukseskan pekerjaan kita.
Ucapkan terimakasih juga ke kawan atau atasan yang telah mengkritik kita. Kritikan harus kita sikapi positif, artinya orang yang mengkritik kita menginginkan kita lebih maju, mereka tulus memberikan kritik daripada sekedar pujian yang tidak ikhlas dan memabukkan. Jika anda saat ini sudah merasa berhasil, anda harus mengingat-ingat siapa saja yang pernah membantu keberhasilan anda. Mungkin pada saat anda sekolah dulu, anda banyak dibantu oleh orangtua angkat anda di kota anda belajar.
 
Mungkin Ibu kos waktu itu memberikan keringanan biaya untuk anda. Rencanakan dan luangkan waktu untuk mengunjungi mereka sebagai ungkapan rasa terimakasih. Jika anda sudah berkeluarga, ajak anak dan pasangan anda mengunjungi mereka. Mereka pasti sangat bahagia melihat keberhasilan anda!
Peribahasa China kuno mengatakan bahwa "When eating bamboo sprouts, remember the man who planted them." (Jika anda memakan rebung bamboo, janganlah lupa berterimakasihlah ke penanamnya.).Jika kita sukses janganlah lupa ke orang-orang yang telah membantu kita. Ucapan terimakasih kita pasti tidak akan pernah ditolak lawan bicara kita, bahkan dibalas dengan senyuman yang ramah.
Mungkin Anda pernah terlintas rasa kecewa karena dilahirkan dalam keluarga yang pas-pasan atau bahkan miskin.Mengapa kawan-kawan anda dilahirkan di tengah keluarga kaya, sehingga mereka mendapat warisan yang lebih dari cukup sedangkan anda harus berjuang sendiri untuk hidup.Ucapkan terimakasih ke orangtua anda karena anda sudah dibiayai sekolah meskipun mungkin tidak sampai jenjang setinggi yang anda idam-idamkan.


Berterimakasihlah, karena anda dirawat orangtua Anda dengan penuh kasih sayang. Bayangkan banyak anak-anak terlantar yang tidak semujur anda! Jika anda harus bergulat dengan kerasnya kehidupan maka tetaplah bersyukur ke Tuhan dan berterimakasihlah ke orangtua anda karena anda mendapat kesempatan menemukan jati diri anda untuk bertahan hidup. Perjuangan dan cucuran keringat anda jauh lebih berharga daripada warisan yang anda dapatkan secara mudah!
Pada saat bangun pagi badan rasanya segar, sesegar udara pagi yang kita hirup. Ucapan terimakasih tentu patut kita layangkan ke Tuhan YME. KarenaNyalah kita masih diberikan kesempatan hidup. Kita masih diberikan kesempatan berkarya memberi arti bagi perjalanan nusa dan bangsa.
Terimakasih kepada Tuhan bisa dilakukan kapan saja sekarang saja dan di mana saja apapun agama, suku dan bahasa Anda.

1 komentar:

  1. Salam,

    Thanks for following my blog. ;) I wish I could read and understand your language.

    Take care

    http://marjorielenoan.blogspot.com/

    BalasHapus